A.
KEDUDUKAN DAN PERMASALAHAN BIMBINGAN DI SEKOLAH DASAR
Kedudukan bimbingan di
sekolah dasar secara formal telah digariskan di dalam Undang-Undang No. 2/1989
tentang Sistem Pendidikan Nasional. Selain itu ada juga peraturan pemerintah
yakni PP No. 28/1989, yang secara khusus menjelaskan perihal bimbingan di
sekolah dasar. Dalam pasal 25 peraturan pemerintah tersebut diterangkan bahwa:
1. Bimbingan merupakan
bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi,
mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan.
2. Bimbingan diberikan
oleh guru pembimbing.
(Kartadinata, 1998:10)
Dalam sistem pendidikan
wajib belajar 9 tahun, sekolah dasar mempunyai kewajiban untuk menyiapkan
lulusannya untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu SMP.
Sehingga tanggung jawab sekolah dasar itu bukan hanya menamatkan dan meluluskan
siswa, akan tetapi juga menyiapkan kognitif, kepribadian dan perilaku siswa
agar siap menghadapi dunia barunya yakni sekolah menengah.
Ada dua hal yang
berdampak pada perlunya bimbingan untuk siswa di sekolah dasar. Pertama, adanya
masalah-masalah perkembangan yang mencakup aspek perkembangan fisik, kognitif,
pribadi, dan sosial. Kedua, rentang keragaman individual siswa yang amat lebar.
Dari permasalahan yang kedua, muncul populasi khusus yang menjadi target
layanan bimbingan, diantaranya:
1. siswa dengan
kecerdasan dan kemampuan tinggi
2. siswa yang mengalami
kesulitan belajar
3. siswa dengan perilaku
bermasalah.
Slots - Dr. Maryland
BalasHapusSlot machine 강원도 출장안마 video 세종특별자치 출장샵 games machines 동해 출장샵 were developed for casinos in many different 서울특별 출장샵 locations, and the gaming machines were available in a variety of sizes and configurations. The 김천 출장마사지 most common Rating: 4.1 · 2,400 reviews