Minggu, 09 Desember 2012

PENGERTIAN BK


.  PENGERTIAN BK


   Pengertian Bimbingan dan Konseling
            Istilah bimbingan dan konseling merupakan istilah yang sering dipergunakan dalam kegiatan pendidikan, karena bimbingan dan konseling merupakan bagian dari program pendidikan. Banyak ahli telah merumuskan pengertian dari bimbingan dan konseling. Sebagaimana yang diungkapkan Crow & Crow (Amti dan Marjohan, 1992: 2) bahwa:
Bimbingan adalah bantuan yang diberikan oleh seseorang, baik pria maupun wanita, yang telah terlatih dengan baik dan memiliki kepribadian dan pendidikan yang memadai kepada seorang individu dari semua usia untuk membantunya mengatur kegiatan-kegiatan hidupnya sendiri, mengembangkan pandangan hidupnya sendiri, membuat keputusan sendiri, dan menanggung bebannya sendiri.
Sementara itu Mortensen & Schmuller (Amti dan Marjohan, 1992: 2) mengungkapkan bahwa:
Bimbingan dapat diartikan sebagai bagian dari keseluruhan program pendidikan yang membantu menyediakan kesempatan-kesempatan pribadi dan layanan-layanan petugas ahli dengan mana setiap individu dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan dan kecakapan-kecakapannya secara penuh sesuai dengan yang diharapkan.
            Dari pengertian-pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa bimbingan merupakan bagian dari program pendidikan yang berupa bantuan layanan dari seorang ahli kepada individu, agar individu tersebut mampu mengembangkan kemampuan dirinya secara penuh untuk mencapai hasil yang diharapkan.
            Adapun yang dimaksud dengan konseling menurut Milton dan Maclean (Amti dan Marjohan, 1992: 4) adalah:
…proses yang terjadi dalam hubungan-hubungan seseorang dengan seseorang antara individu yang berkesulitan karena masalah-masalah yang tidak dapat diatasinya sendiri dengan seorang pekerja yang karena latihan dan pengalaman yang dimilikinya mampu membantu orang lain memperoleh pemecahan-pemecahan berbagai jenis masalah pribadi .
            Sebagaimana bimbingan, konseling berupaya untuk memberikan bantuan kepada individu untuk menyelesaikan permasalahan pribadi yang dihadapi. Dengan demikian Bimbingan dan Konseling merupakan bagian dari program pendidikan yang berupa pemberian bantuan dari seorang ahli (konselor) pada siswa (klien) untuk menyelesaikan permasalahan pribadi yang dihadapi dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar